Sunday, March 10, 2013

The Billionaire : Sebuah Suntikan Semangat Berbisnis

Suatu hari libur saya stuck di depan komputer melakukan hal yang bagi sebagian orang sangat tidak produktif : menonton film drama. Beberapa film cengeng sukses membuat saya nangis bombay tanpa kesan yang begitu berarti setelah film tamat. Hingga pada akhirnya saya menemukan film The Billionaire ini. 
Cover Internasional The Billionaire

The Billionaire atau yang juga dikenal sebagai Top Secret: Wai Roon Pan Lan, adalah sebuah film biografi asal Thailand yang disutradarai oleh Songyos Sugmakanan dan dirilis pada 20 Oktober 2011 di Thailand. Film ini diangkat dari kisah nyata mengenai perjalanan seorang (baht) bilioner termuda asal Thailand (Itthipat Kulapongvanich/Top Itthipat) yang mencapai kesuksesannya pada usia 19 tahun. Tokoh Itthipat sendiri diperankan oleh seorang actor muda Thailand, Pachara Chirativat, yang sebelumnya juga telah sukses membintangi film Suckseed dengan karakter konyolnya.


Dikisahkan bahwa Itthipat pada usia 16 tahun adalah seorang remaja penggila game online yang memiliki lebih dari tiga computer di kamarnya untuk bermain game online. Tanpa sengaja kegemarannya bermain game online dapat menuntun Itthipat menemukan minat bisnisnya dengan berjualan senjata dari game online tersebut. Namun ternyata nasib baik tidak selalu di genggamannya, pada usia 18 tahun keluarga Itthipat mengalami kebangkrutan yang memaksa mereka untuk melarikan diri dari Thailand. Tak mau menyerah pada nasib, itthipat dengan dibantu oleh paman paruh bayanya memutuskan untuk tinggal di Thailand dan memulai bisnis untuk dapat membayar hutang orangtuanya. Berbagai macam bisnis telah dicoba dan gagal, namun Itthipat tetap optimis untuk mencari kesempatan bisnis meskipun untuk itu ia harus drop out dari kampus, ditinggalkan kekasihnya, hingga kehilangan semua hartanya yang tersisa.

Salah satu scene saat Itthipat bermain game online
Dengan penggambaran yang sangat berliku-liku film ini mampu membuat saya merasa “putus asa” terhadap usaha-usaha Itthipat yang terasa selalu gagal. Namun ketika pada akhirnya semua usaha yang berliku-liku tersebut dapat membuahkan hasil saya seakan mendapat stimulus semangat baru : butuh pengorbanan dan keberanian yang sangat besar untuk dapat meraih sukses. Film ini dapat menjadi suntikan inspirasi bagi para pengusaha yang sedang memulai, akan memulai, atau baru memulai bisnisnya.

Itthipat setelah sukses
Produk Itthipat : Tao Kae Noi
Di dunia nyata, Itthipat adalah pemilik Taokaenoi Food & Marketing, sebuah usaha cemilan rumput laut kering merek Taokaenoi yang sudah menjamur di seluruh jaringan 7/11. Tao Kao Noi sendiri merupakan bahasa Thailand yang berarti Pengusaha Muda. Saat ini Itthipat berusia 29 tahun (lahir pada tahun 1984) dan produknya telah berkembang hingga ke negara-negara Asia Pasifik hingga Amerika Serikat. Ia bahkan telah memiliki lahan rumput lautnya sendiri di Korea Selatan. Sebuah kalimat ispirasional dari Itthipat di akhir film yang sangat menginspirasi saya : Do not give up whatever happens, if we give up then we are finished for sure.”


Bagi saya pribadi film ini sangat berkesan karena membuat saya semakin berambisi untuk menjadi pengusaha. Trailler Film The Billionaire dapat dilihat di sini